Selamat datang di Proyek Pembangunan Jembatan tayan

Jembatan Tayan Bakal Terpanjang se-Kalimantan

Senin, 08 April 20130 komentar


Selasa, 2 April 2013 10:26 WIB


Gambar rencana jembatan Tayan


 SANGGAU - Jembatan Tayan yang sedang dalam proses pembangunan melintasi Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat akan menjadi jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan. Panjang bentangan jembatan mencapai 1.420 meter.

Jembatan itu akan meningkatkan mobilitas warga Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah karena menghubungkan jalan trans-Kalimantan poros selatan.

Gubernur Kalbar Cornelis menuturkan, pembangunan jembatan itu diperkirakan memerlukan waktu dua tahun. "Prioritas utama tentu memudahkan mobilitas warga. Angkutan barang juga akan semakin cepat setelah jembatan itu bisa digunakan," ujar Cornelis, Selasa (2/4/2013).

Jembatan dan akses jalan penghubung itu dibangun dengan biaya sekitar Rp 900 miliar, sebagian besar di antaranya dibiayai dari pinjaman Cina. Diperkirakan, pembangunan jembatan itu selesai pada akhir 2014.

Cornelis menambahkan, peningkatan mobilitas warga diperlukan untuk meningkatkan perekonomian. Sebelum jembatan itu ada, warga harus menggunakan feri penyeberangan.

Editor : Arief
Sumber : Kompas.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Pemerintahan Kota Pontianak| Copyright © 2013. JEMBATAN TAYAN - All Rights Reserved